You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Ketua TGUPP DKI Jakarta, Taufik Yudhi Mulyanto mengatakan, terus mengkaji permasalahan yang ada di J
Ketua TGUPP DKI Jakarta, Taufik Yudhi Mulyanto mengatakan, pihaknya terus mengkaji permasalahan yang ada di Jakarta.
photo doc - Beritajakarta.id

Rekomendasi TGUPP untuk Gubernur

Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) yang dikukuhkan pada 12 Februari lalu, telah memberikan lima rekomendasi kepada Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Rekomendasi tersebut terkait dengan beberapa permasalahan yang terjadi di ibu kota.

Ada lima masalah yang kita rekomendasikan ke Gubernur

Ketua TGUPP DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, mengatakan, pihaknya terus mengkaji permasalahan yang ada di Jakarta, sehingga bisa ditemukan rekomendasi yang tepat dan baik untuk diserahkan kepada gubernur dan wakilnya. "Ada lima masalah yang kita rekomendasikan ke Gubernur," kata Taufik, Selasa (8/4).

Kelima rekomendasi yang telah disampaikan yakni terkait pembentukan Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (ULP), sampah, rumah susun sederhana sewa (rusunawa), e-budgeting, dan rencana panjang jangka menengah daerah (RPJMD).

Ahok Klaim Tugas TGUP2 Tak Akan Tumpang Tindih

Taufik merinci, untuk permasalahan rusunawa misalnya, timnya berkoordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait dan melihat bagaimana permasalahannya di lapangan. Salah satu kekurangan di dalam rusunawa adalah puluhan blok dengan ratusan unit, namun hanya sedikit pegawai negeri sipil (PNS) yang bertindak menjadi pengawas.

Akibatnya, banyak terjadi praktik jual beli unit rusun dan pengalihan hak sewa kepada pihak lainnya. Tak hanya itu, TGUPP juga berfungsi membantu relokasi warga di wilayah tertentu ke rusun yang disediakan. Seperti relokasi warga Waduk Pluit, Ria Rio, dan sebagainya.

Sementara dalam permasalahan ULP, TGUPP memberi rekomendasi kepada Jokowi-Basuki untuk mempersiapkan dan membentuk sumber daya manusia (SDM) di dalamnya. Sebab, menurut taufik, ULP belum dapat optimal dalam bekerja, jika belum ada perangkat di bawahnya. Padahal Jokowi telah menunjuk I Dewa Gede Soni untuk menjabat sebagai Kepala ULP. "Tanggal 4 April kemarin sudah kita laporkan rekomendasi kita kepada Wagub," ucap Taufik.

Dalam waktu dekat, rekomendasi keenam akan segera diberikan kepada Jokowi-Basuki. Rekomendasi tersebut yakni terkait rumusan format seleksi terbuka atau lelang jabatan. Seleksi terbuka itu ditujukan kepada seluruh PNS eselon III dan IV. Untuk menindaklanjuti sistem seleksi terbuka itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) serta Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Intinya, lanjut dia, TGUPP harus dapat menerjemahkan keinginan gubernur hingga perangkat tingkat bawah.

"Kita harus menjadi jembatan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam membentuk sebuah regulasi. Serta menjembatani inplementasi pemerintah daerah warga dan ke pegawai di bawah," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1222 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1117 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1047 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye932 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye888 personAldi Geri Lumban Tobing